10 Aplikasi Pembaca PDF (PDF Reader)

31 Oktober 2020 Apps

Aplikasi pembuka PDF dibutuhkan oleh semua orang yang setiap hari berkutat dengan pengolahan dokumen digital. Baik itu mahasiswa, freelance, maupun pegawai kantoran. Sekarang ini, format PDF banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti membuat jurnal, mengirim tugas, proposal proyek dan lain-lain. Sudah tahu belum aplikasi pembaca PDF di android dan PC terbaik?

Seiring berjalannya waktu, aplikasi pembuka PDF semakin banyak jumlahnya dan bisa di download secara gratis. Fitur-fiturnya juga canggih, seperti mencoret-coret dokumen, menggabungkan dan bahkan membaca PDF dengan suara.

Beberapa aplikasi pembaca PDF yang populer di android dan Windows antara lain Foxit Reader, Sumatra PDF, Nitro PDF dan Adobe Reader. Simak yuk pembahasan selengkapnya berikut.

aplikasi pembaca pdf pc android

Aplikasi Pembaca PDF di PC

Foxit Reader

Foxit Reader adalah aplikasi pembuka PDF gratis yang cocok untuk pemula. Sebab, User Interfacenya dibuat sederhana dan sepraktis mungkin agar mudah dipahami oleh para pengguna. Selain membaca dokumen PDF, Anda juga bisa menggunakan software ini untuk memberi tanda tangan, menambahkan komentar dan menyoroti bagian tertentu.

Karena Foxit Reader sudah terintegrasi dengan Microsoft Office, sehingga memungkinkan pengguna mengubah file dokumen menjadi format PDF. Mode Safe Reading bisa Anda aktifkan untuk mematikan Javascript pada PDF.

Nitro PDF Reader

Jika merasa kurang cocok dengan Foxit Reader, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk download Nitro PDF. Salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah fitur QuickSign. Fitur ini berguna untuk memotret tanda tangan Anda yang kemudian diterapkan pada file PDF.

Secara sekilas, user interface Nitro PDF Reader mirip seperti Microsoft Office. Apabila Anda kurang suka, bisa mengganti ke tema yang lain. Fitur lainnya meliputi konversi PDF ke teks, mengubah dokumen word ke format PDF dan mengambil gambar dari dokumen PDF.

Sebagai salah satu PDF reader terbaik Windows 10, Anda tidak perlu ragu download Nitro PDF.

Sumatra PDF

Berbeda dari ke-dua software sebelumnya, Sumatra PDF tidak memiliki fitur editing dokumen yang canggih. Sebab, aplikasi ini benar-benar didesain hanya untuk membaca PDF secara cepat dan mudah. Bukan untuk keperluan penyuntingan dokumen.

Sampai sekarang, Sumatra PDF masih menjadi aplikasi pembaca PDF PC terbaik dan paling ringan. Antarmuka yang sederhana dan apa adanya, memungkinkan pengguna menggunakan Sumatra PDF tanpa kesulitan. Format dokumen lain yang didukung seperti XPS, ePub, CHM, Mobi, DjVU, FB2, CBR dan CBZ.

Anda bisa download Sumatra PDF secara gratis di semua OS Windows, seperti Windows 10 dan XP.

Adobe Reader

Adobe Reader adalah aplikasi standar untuk membaca dan mengedit dokumen PDF di PC atau laptop.  Meski bukan software yang paling ringan, namun sebagian besar pengguna lebih memilih untuk menginstall Adobe Reader.

Sebab, Adobe Reader mampu membaca dokumen PDF yang tidak bisa dibuka di software lain. Yaitu dokumen PDF yang lebih kompleks dari biasanya. Tersedia juga fitur cloud saving yang memungkinkan pengguna untuk membuka dan menyimpan file dokumen PDF di beberapa layanan cloud. Seperti Box, Google Drive, Dropbox, dan OneDrive.

Baca juga : Cara Download Video Instagram (Android, iOS & PC)

Xodo

Diantara PDF reader terbaik Windows 10, Xodo menjadi salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebab, tersedia beraneka macam fitur canggih dan lumayan lengkap untuk menyunting dokumen. Lebih menarik lagi, ukuran Xodo tetap ringan dan tidak membutuhkan banyak disk space.

Dengan aplikasi Xodo, Anda bisa membaca PDF secara vertikal maupun horizontal, mengubah tampilan PDF, rotasi dokumen, menambah highlight, mengubah warna putih atau hitam, mencoret coret PDF dan masih banyak lagi.

Xodo memang layak disebut sebagai aplikasi pembaca PDF PC terbaik, karena memungkinkan pengguna membaca multi tab. Bahkan performanya masih terasa ringan meski membuka puluhan tab sekaligus.

Rekomendasi Aplikasi PDF Reader di Android

WPS Office

WPS Office adalah aplikasi android yang didesain untuk memudahkan pengguna ponsel membuka dan mengedit beraneka macam dokumen. Seperti file PDF, Slide, Word, dan SpreadSheet. Melalui fitur-fiturnya yang canggih, WPS Office berhasil diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store.

Selain membuka dan membaca PDF, Anda juga bisa menambah tanda tangan, anotasi, mengedit dan mengubah file PDF ke format DOC. Tersedia juga fitur untuk menggabungkan beberapa PDF, sehingga memungkinkan pengguna mengirim banyak dokumen sekaligus.

Dengan semua fitur canggih didalamnya dan fungsinya yang kompleks, wajar apabila WPS Office berukuran 66 MB.

Google PDF Viewer

Rekomendasi aplikasi pembaca PDF di android berikutnya adalah Google PDF Viewer. Fungsi utamanya adalah memudahkan pengguna untuk membuka dan membaca dokumen PDF secara cepat. Google PDF Viewer sudah terkoneksi dengan Google Drive, sehingga memungkinkan pengguna mengakses seluruh dokumen yang disimpan secara online.

Lebih dari itu, fitur lain yang tidak kalah canggih adalah copy dan print dokumen. Google PDF Viewer masuk kategori aplikasi ringan karena hanya berukuran 5,5 MB saja.

Xodo PDF Reader & Editor

Tidak hanya tersedia untuk laptop dan PC, aplikasi pembaca PDF Xodo ternyata juga bisa didownload di Google Play Store. Sangat berguna bagi Anda yang setiap hari berurusan dengan dokumen digital, khususnya yang berformat PDF.

Sama seperti versi PC, Xodo android akan membantu pengguna membaca dokumen PDF dengan mudah dan cepat, bahkan untuk beberapa file sekaligus. Fitur menarik lainnya adalah dark mode dan Fill & Sign.

Lebih dari itu, Xodo melakukan sinkronisasi secara otomatis dengan OneDrive, Dropbox, dan Google Drive. Xodo adalah salah satu jawaban bagi mereka yang ingin mengetahui cara mencoret coret PDF di android. Aplikasi ini memungkinkan Anda menambah coretan pada PDF layaknya di buku.

Xodo PDF Reader berukuran 23 MB dan sudah di download lebih dari 10 juta kali.

PDF Reader for Android

Aplikasi pembaca PDF android yang tidak kalah canggih berikutnya adalah PDF Reader. Di Google Play Store sudah di download 10 juta lebih pengguna dan ukurannya 27 MB. Lantas, apa daya tarik yang ditawarkan?

PDF Reader for Android menawarkan beberapa pilihan mode baca dokumen. Seperti Landscape, Potrait, Spilt Page, Single Page Keep Screen On, Set as Thumbnail, Vertical dan Horizontal. Sesuaikan menurut kenyamanan Anda.

Tidak perlu repot mencari file PDF di masing-masing folder, karena semua akan ditampilkan secara otomatis. Anda hanya tinggal membuka saja. Untuk kebutuhan editing, pengguna bisa Brush, Strikethrough, Underline, Highlight dan Copy.

Simak juga : Cara Mematikan AdBlock di Chrome, PC dan Android

PDF Reader

Apabila ruang penyimpanan di hp android Anda terbatas, maka tidak perlu khawatir. Karena bisa download aplikasi pembaca PDF ringan yang hanya berukuran 8 MB. Namanya adalah PDF Reader. Di Play Store jumlah unduhan mencapai lebih dari 500 ribu.

Fungsi utama dari PDF Reader adalah membuka dan membaca dokumen dengan cepat, ringan dan gampang. Anda bisa menggulir setiap halaman secara responsif, tanpa khawatir loading lama yang menjengkelkan.

Jika lupa menempatkan PDF di folder mana, maka PDF Reader akan mengindeks semua file di ponsel secara otomatis dan ditampilkan.

Baiklah, mungkin cukup sekian dahulu pembahasan ringkas mengenai aplikasi pembaca PDF di android dan PC. Semoga salah satu rekomendasi diatas ada yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tag:
Joy Lynx
Tentang Joy Lynx
Seorang anak muda yang memiliki hobi menulis seputar android, khususnya apk.