Persiapan Awal dan Cara Membuat Podcast di Spotify

Tren di dunia konten digital semakin berkembang dan saat ini podcast sedang naik daun. Content creator ramai-ramai membuat podcast. Anda pun bisa membuat podcast dan menguploadnya di Spotify. Sebelumnya, Anda bisa menyimak cara membuat podcast di Spotify di bawah ini.

Persiapan Awal dan Cara Membuat Podcast di Spotify

Apa Itu Podcast?

Podcast merupakan konten yang bentuknya audio atau suara digital dan bisa diakses melalui jaringan internet, isinya adalah monolog atau dialog (obrolan) dengan berbagai topik. Umumnya, podcast ini terdiri dari banyak episode dan update dalam pada waktu yang telah terjadwal.

Sama seperti video di Youtube, Anda bisa mendengarkan podcast ini kapan dan di mana saja asalkan kontennya tidak dihapus.

Podcast merupakan gabungan dari dua buah kata, yaitu iPod dan broadcasting. Jadi, usut punya usut, istilah podcast ini muncul bersamaan dengan peluncuran iPod pertama kali pada 2005. iPod sendiri merupakan alat untuk mendengarkan musik yang diproduksi oleh Apple.

Orang yang berkecimpung dalam pembuatan konten podcast disebut sebagai podcaster atau podcast creator. Siapa saja berkesempatan untuk menjadi podcaster, terlebih saat ini sudah banyak media yang bisa menjadi wadah. Salah satunya adalah Spotify.

Cara Membuat Podcast di Spotify

1. Persiapkan Alat

Hal pertama yang wajib dipersiapkan sebelum mulai membuat konten podcast adalah peralatan atau hardware. Berikut ini beberapa perangkat yang sebaiknya sudah tersedia sebelum Anda mulai.

  • Mikrofon.
  • Pop filter.
  • Mixer.
  • Komputer atau laptop.
  • Aplikasi untuk edit audio.
  • Kamera atau webcam jika dibutuhkan.

Anda tak perlu membeli peralatan di atas sekaligus. Untuk permulaan, Anda bisa mulai dengan menyewa atau meminjam alat terlebih dahulu sembari mengumpulkan dana. Ketika dana sudah terkumpul, Anda dapat berinvestasi untuk peralatan.

Pastikan Anda memilih peralatan yang kualitasnya bagus untuk menciptakan konten yang kualitasnya bagus pula. Ingat, kualitas bagus tidak harus mahal. Saat ini pilihan peralatan sudah sangat banyak dengan harga dan kualitas yang bersaing.

2. Tentukan Topik

Jika sudah mempersiapkan alat, sekarang waktunya untuk menentukan topik utama yang akan dibahas di podcast. Untuk memilih topik, carilah hal yang paling Anda sukai dan kuasai. Sebaiknya, Anda juga memilih topik yang masih jarang dibicarakan atau belum diangkat sama sekali.

Dengan membahas hal yang unik dan menarik, podcast Anda akan lebih disukai. Selain itu, saingan juga belum banyak. Jadi, Anda bisa lebih mudah menggaet banyak pendengar.

Pertama, tentukan topik secara umum terlebih dahulu. Misalnya Anda ingin membahas mengenai dunia balap motor. Setelah itu, barulah tentukan topik yang lebih khusus untuk setiap episode.

3. Membuat Narasi

Langkah yang ketiga yaitu membuat narasi. Narasi ini penting sebagai pedoman atau acuan ketika Anda berbicara di podcast. Tapi narasi di sini fungsinya hanya sebagai pemandu atau guide. Sebaiknya Anda jangan terlalu saklek pada narasi. Hal ini justru menghilangkan kesan natural.

Tuliskan saja pokok-pokok pembicaraan yang akan dibahas pada podcast. Selanjutnya, Anda tinggal berimprovisasi dan menyesuaikan dengan lawan bicara (jika ada).

4. Recording

Narasi sudah siap, langkah berikutnya adalah recording atau rekaman. Aplikasi yang disarankan untuk merekam suara adalah Audacity. Aplikasi tersebut dapat diinstall pada macOS dan Windows.

Jangan lupa untuk menghubungkan mikrofon ke laptop atau komputer. Pasang juga pop filter untuk mencegah munculnya noise dan menghasilkan rekaman yang lebih jernih.

Setelah rekaman selesai dilakukan, Anda sebaiknya mendengarkan kembali hasilnya dan mengedit suara tersebut. Berikut beberapa ketentuan file podcast untuk Spotify:

  • Menggunakan format audio SO/IEC 11172-3 MPEG-1.
  • Bitrates antara 96 – 320 Kbps.
  • Format file MP3.
  • Ukuran file maksimal 200 MB.

5. Tentukan Judul dan Cover Podcast

Setelah konten selesai dibuat, sekarang saatnya untuk menentukan judul serta cover. Untuk membuat judul, sebaiknya menggambarkan isi dari pembahasan di dalam podcast. Anda juga bisa menambahkan kata-kata yang sifatnya menarik dan membuat orang penasaran.

Namun jangan membuat judul yang terlalu clickbait. Hal ini justru akan membuat pendengar merasa kecewa dan enggan kembali. Sebaiknya, judul podcast juga tidak lebih dari 20 karakter.

Pilihlah gambar untuk menjadi sampul atau cover podcast. Anda bisa mengambil foto atau membuat desain logo sebagai sampul. Pastikan foto atau desain tersebut bersifat original dan tanpa copyright.

6. Pilih Host

Host yang dimaksud di sini adalah host website. Fungsi dari host adalah untuk menampung podcast Anda supaya bisa ada di internet. Ketika sudah berhasil mengunggah podcast ke internet atau ke host, Anda akan mendapatkan RSS feed.

7. Upload ke Spotify

Inilah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu mengupload podcast ke Spotify. Ikuti panduan berikut ini:

  • Buka browser lalu kunjungi situs Spotify for Podcaster.
  • Login menggunakan akun Spotify yang sebelumnya sudah Anda miliki.
  • Pilih halaman Submit Your Podcast, lalu klik Get Started.
  • Beri tanda centang pada Terms and Conditions untuk menyatakan bahwa Anda setuju dengan ketentuan dari pihak Spotify.
  • Klik Continue untuk melanjutkan.
  • Masukkan RSS Feed yang sudah Anda dapatkan pada proses sebelumnya.
  • Berikutnya, judul serta cover podcast akan muncul secara otomatis karena diimpor dari web host milik Anda.
  • Setelah itu klik Next.
  • Lengkapi data-data yang diminta pada Add podcast info. Ada beberapa data yang perlu dilengkapi antara lain negara asal, bahasa yang digunakan, kategori konten, serta penyedia layanan.
  • Klik Next untuk melanjutkan.
  • Pastikan kembali bahwa semua data yang Anda masukkan sudah benar dan sesuai rencana.
  • Jika sudah, klik Submit.

Dengan mempraktikkan cara membuat podcast di Spotify di atas, Anda sudah bisa menjadi seorang podcaster.

Tinggalkan komentar