Cara Membuat Watermark Di Word Full (Semua Versi)

Anda ingin memproteksi word Anda agar tidak di copy oleh orang? Baca disini cara membuat watermark di word!

Pada komputer yang menjalankan sistem Microsoft Windows, Anda tentu tidak lagi asing dengan Microsoft Office yang menyediakan beberapa aplikasi seperti Word, Power Point, maupun Excel. Aplikasi tersebut menjadi sangat penting dalam personalitas kehidupan seperti pekerjaan.

Terutama Word yang paling banyak digunakan karena kebutuhan pembuatan dokumen baik dari pengerjaan tugas kuliah atau sekolah pekerjaan maupun yang lain.

Dan tentunya anda juga membutuhkan tutorial cara membuat watermark di word ini agar bisa mengklaim kepemilikan.

Cara Membuat Watermark Di Word

 

Pengertian Watermark Pada Dokumen

Pada Microsoft Word istilah watermark menjadi sangat familiar. Meskipun tidak semua orang memahami istilah tersebut. Watermark adalah teks atau gambar yang muncul pada bagian belakang dokumen.

Penampakannya mirip seperti bayangan yang menandai background pada dokumen. Biasanya watermark digunakan untuk menyatakan sebuah identitas pada dokumen.

Dengan adanya watermark, dokumen yang anda buat akan terlihat semakin menarik untuk dibaca atau sekedar dilihat.

Dalam pembagiannya dibagi menjadi dua bagian, yaitu watermark gambar dan teks. Untuk watermark teks biasanya digunakan sebagai sumber informasi akan sesuatu.

Sementara untuk watermark gambar sendiri berfokus pada informasi tema dari sebuah tulisan yang dimuat.

Jenis-Jenis Watermark Pada Format Word

Terdapat 4 watermark dalam Microsoft Word. Yaitu confidential yang merupakan jenis watermark yang bersifat rahasia. Anda dapat menggunakan sebuah teks untuk menjadi watermark anda seperti confidential atau do not copy.

Kemudian jenis yang kedua adalah watermark Disclaimer yaitu dengan penggunaan kata Draft dan Sampel.

Jenis ketiga adalah watermark urgent dengan watermark ini anda dapat menyampaikan bahwa dokumen anda adalah dokumen yang penting.

Jenis yang terakhir adalah watermark custom. Anda dapat menggunakan kata yang sesuai dengan keinginan anda untuk dijadikan watermark.

Tata Cara Membuat Watermark Di Word

Setelah anda mengetahui dua bagian watermark sekarang anda dapat menyimak bagaimana cara membuat watermark di word .Berikut ini adalah beberapa langkah atau cara membuat watermark di Microsoft Word.

  1. Buka Aplikasi Microsoft Word pada Komputer. Ini adalah langkah pertama dalam membuat sebuah watermark. Jangan lupa pastikan Anda memilih sebuah dokumen yang tepat untuk watermark anda.
  2. Pilih dan klik bagian desain.
  3. Pilih Watermark yang berada di kanan atas.
  4. Setelah anda klik akan muncul beberapa tampilan watermark.
  5. Pilih Watermark yang akan anda pakai. Semisal watermark confidential, maka pilihlah satu dari beberapa watermark confidential.

Cara ini dapat anda praktekan juga dalam membuat watermark Disclaimer, dan urgent. Tetapi untuk membuat watermark custom ada beberapa perbedaan, Antara lain adalah:

  1. Setelah selesai memilih watermark custom . Anda harus memilih bagian teks watermark untuk mengganti kata di watermark yang akan anda pakai.
  2. Klik kata “text” pada tampilan untuk mengganti teks watermark. Klik pula bagian font dan size dari tulisan anda.
  3. Klik semi transparan jika anda menginginkan tulisan pada watermark terlihat jelas.
  4. Kiki ok jika sudah selesai.

Tutorial Pembuatan Watermark Gambar

Setelah membuat watermark di word berupa teks anda tentunya bertanya tanya bagaimana membuat watermark berupa gambar bukan?

Nah, berikut adalah pembahasan mengenai cara membuat watermark berupa gambar. Tata caranya adalah:

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word pada komputer anda.
  2. pilih Ribbon Design kemudian Watermark. Setelah itu akan muncul banyak tampilan, silahkan pilih Custom watermark karena anda akan menambahkan gambar  sebagai watermark anda.
  3. Silahkan pilih sebuah jendela bernama Printed watermark kemudian klik picture watermark. Setelah itu, klik select picture agar anda  dapat  memilih gambar yang  akan anda buat sebagai watermark.
  4. Setelah itu anda akan diarahkan pada  sebuah jendela untuk memilih source atau sumber gambar yang akan anda gunakan sebagai watermark. Silahkan mil from a file jika gambar anda berada di komputer.
  5. Silahkan pilih gambar kemudian  klik insert.
  6. Kemudian atur skala gambar yang akan anda tampilkan pada printer watermark. Klik ok jika sudah selesai.
  7. Gambar yang anda pilih tersebut akan menjadi watermark yang transparan.
  8. Jika anda ingin membuat watermark anda tidak lagi transparan silahkan mengunclick washout setelah itu klik ok jika sudah selesai.
  9. Watermark anda telah selesai.

Setelah dapat membuat sebuah watermark anda juga dapat menghapus watermark jika dirasa tidak sesuai dengan keinginan anda.

Atau jika anda ingin menghapus watermark dari file unduhan anda di browser internet karena mengganggu proses editing anda. Maka dari itu  , anda harus menghilangkan watermark pada dokumen tersebut.

Cara Menghapus Watermark Di Dokumen

Berikut ini adalah cara menghilangkan watermark pada Microsoft Word tahun 2016/2019. Untuk versi terbaru Microsoft Office menghadirkan Microsoft Word 2016/2019.

Pada Microsoft word ini beberapa fitur dan penempatan menu berbeda dengan sebelumnya. Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan watermark dari Microsoft Word 2016/2019, yaitu:

  1. Langkah pertama yang harus  anda lakukan adalah membuka file dokumen dalam bentuk word. Setelah itu silahkan klik toolbar, kemudian  menu desain.
  2. Setelah itu, menu design akan menampilkan beberapa menu yang biasanya digunakan untuk mengedit sebuah dokumen word. Pilih menu watermark karena anda ingin menghapus watermark pada dokumen anda.
  3. Untuk menghapus watermark yang telah berada pada file dokumen silahkan klik Remove watermark.
  4. Watermark di dokumen anda telah terhapus.

Setelah watermark terhapus anda dapat mengedit file dokumen tersebut dan membuat dokumen sesuai dengan keinginan anda. Anda tidak lagi terganggu dengan watermark yang ada.

Sementara untuk menghapus watermark pada Microsoft versi 2007/2010 Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka file dokumen pada Microsoft Word 2007/2010.  Bukalah dokumen yang sudah memiliki watermark.  Silahkan klik menu Page Layout kemudian  klik menu watermark. Klik remove watermark untuk menghapus watermark pada dokumen.
  2. Setelah itu watermark pada dokumen  anda telah hilang.
  3.  Anda dapat mengedit dokumen anda sesuai keinginan anda.

Setelah mengetahui cara membuat watermark di Word. Anda sepatutnya mengetahuinya beberapa fungsi yang dimiliki watermark. Hal ini tentu akan menambah keyakinan anda ketika membuat sebuah dokumen dengan watermark.

Berikut sedikit ulasan yang akan menambah pengetahuan anda.  Fungsi watermark yang pertama adalah sebagai perlindungan hak cipta yang menjadi sebuah bukti atas hak kepemilikan terhadap karya yang anda buat.

Fungsi kedua adalah Fingerprinting, fungsi ini mirip dengan fungsi milik serial number yaitu penggunaan sebuah distribusi konten akan teridentifikasi. Yang ketiga adalah fungsi proteksi, fungsi ini menjaga dokumen anda dari penggandaan yang dilakukan oleh orang lain atau biasa disebut plagiarisme.

Fungsi yang terakhir adalah fungsi autitenkasi citra, yaitu fungsi penambahan atau pengurangan dari citra yang teridentifikasi.

Watermark juga memiliki beberapa sifat yaitu sifat Risilent atau tidak dapat berubah, sifat Cheap atau murah dalam implementasi watermark.

Hal ini Karena watermark tidak diperbolehkan memberi overhead yang besar, selanjutnya adalah sifat stealthy atau tidak diketahui keberadaannya.

Sifat ini dikarenakan watermark harus dapat mempertahankan statistik media penampungnya.

Sifat terakhir adalah Unique Identifying property karena watermark dibuktikan dengan ekstraksi untuk menjelaskan keberadaanya. Nah,itu tadi sedikit penjelasan singkat mengenai watermark.

Baik pengertian, fungsi maupun sifat yang dimiliki watermark. Bahkan tata cara membuat watermark di word. Jadi, silahkan gunakan watermark untuk melindungi dokumen anda.

Tinggalkan komentar