Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC / Laptop Terbaru

10 November 2020 Komputasi

Mempercepat koneksi internet adalah hal yang biasa dilakukan agar semua aktivitas berjalan lancar dan tidak mengalami gangguan. Khususnya bagi kegiatan-kegiatan yang memang membutuhkan jaringan stabil, seperti upload konten ke YouTube, mengunduh video dari Netflix dan mengirim pekerjaan ke klien. Sebagai solusi dari jaringan lemot, silahkan disimak beberapa cara mempercepat koneksi internet di PC berikut.

Secara umum, kita menggunakan koneksi WiFi di laptop dan PC untuk berselancar di internet. Namun ada kalanya jaringan tiba-tiba lelet dan pasti membuat kesal. Loading sangat lama bahkan untuk streaming video sering macet. Tenang, admin akan berbagi trik mengatasi internet lemot.

Cara mempercepat koneksi internet di PC bisa dilakukan melalui aplikasi, Control Panel dan dengan CMD. Tanpa panjang lebar, langsung disimak uraian selengkapnya berikut.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC / Laptop

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC

Mengatur Bandwidth Internet

Pada OS Windows 10, secara default bandwidth dibagi menjadi dua bagian. Yaitu 80% untuk kebutuhan internet dan 20%  untuk Windows Update. Agar koneksi internet lebih lancar, maka bisa mencoba trik satu ini.

Cara melakukannya:

  1. Klik Start – Run – ketikkan gpedit.msc
  2. Pilih Local Computer Policy – Computer Configuration – Administrative Templates
  3. Pilih Network dan QoS Packet Scheduler
  4. Pada opsi Limit Reservable Bandwidth silahkan double click (klik dua kali)
  5. Pilih Enable, kemudian isi 0 di bagian bandwidth limit
  6. Klik Apply
  7. Kemudian Restart komputer

Mempercepat WiFi Dengan CMD

Sebelum kamu mencoba trik percepat koneksi internet via CMD, pastikan sudah membukanya sebagai administrator. Dengan begitu, kamu bisa mengotak-atik sistem sesuai kebutuhan. Caranya cukup ke Windows Search kemudian ketik CMD, klik kanan pada icon aplikasi CMD dan pilih opsi Run as Administrator. Apabila muncul pop-up windows, pilih Allow.

Selanjutnya, ikuti tutorial berikut:

Mereset Alamat IP

Salah satu faktor yang seringkali membuat koneksi internet lemot adalah terjadinya konflik IP antar pengguna. Dalam banyak kasus, setelah melakukan reset alamat IP mampu membantu koneksi internet pengguna kembali normal dan stabil.  Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Di bawah ini merupakan beberapa perintah command prompt yang berfungsi untuk reset IP.

  • Ipconfig/release

Ketika kamu membuka command prompt, silahkan ketik perintah diatas dan enter. Tunggu sebentar sampai proses selesai.

  • Ipconfig/renew

Perintah ini berguna untuk renew IP. Cukup menuliskannya di command prompt dan enter. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah melakukan dua trik diatas, sekarang tes kecepatan internet. Apakah masih lemot atau sudah normal kembali. Jika masih belum berhasil, kamu perlu melakukan Flush DNS.

  • Flush DNS

Flush DNS berfungsi untuk mengganti cache DNS lama dengan cache DNS baru. Beberapa informasi yang dirubah antara lain website, domain, DNS dan name servernya. Kamu hanya perlu membuat perintah ipconfig/flushdns  dan klik enter. Tunggu sampai muncul “Successfully flushed DNS Resolver Cache’’.

  • Netsh

Netsh adalah perintah pada command promt yang berfungsi untuk mengatasi lemot atau gangguan koneksi pada saat membuka website. Yaitu dengan melakukan konfigurasi di pengaturan jaringan yang berhubungan dengan koneksi internet.

Baca juga : Cara Membuka PDF yang Terkunci Offline & Online

Pertama, masukkan terlebih dahlu perintah Netsh di command prompt. Kemudian baru memasukkan beberapa perintah di bawah. Jumlahnya lumayan banyak, seperti:

int tcp set global chimney=enabled

int tcp set global autotuninglevel=normal

int tch set supplemental (Alternative command bagi pengguna Windows 7 berada di bagian akhir)

int tcp set global dca=enabled

int tcp set global netdma=enabled

int tcp set global ecncapability=enabled

int tcp set global congestion provider=ctcp (khusus Windows 7)

Apabila semua perintah di atas berhasil dimasukkan dengan benar, akan muncul status “OK”. Setelah itu silahkan restart PC atau laptop kamu untuk mulai menjalankan konfigurasi netsh.

  • Reset Winsock

Cara mempercepat koneksi internet di PC dengan CMD berikutnya adalah mereset Winsock. Bagi yang belum tahu, Winsock merupakan setting yang berisi konfigurasi koneksi di komputer. Kerusakan pada Winsock bisa menyebabkan internet lambat dan tidak bisa membuka website meski terhubung ke internet.

Untuk melakukan reset Winsock, kamu perlu membuka command prompt dan masukkan perintah netsh winsock reset kemudian klik enter. Setelah prosesnya selesai, kamu perlu restart komputer.

  • Mempercepat Streaming

Teruntuk kamu yang hobi streaming namun sering kecewa dengan koneksi internet buruk, maka sekarang tidak perlu khawatir. Command prompt memungkinkan kamu meningkatkan kecepatan internet ketika streaming video, cukup memasukkan perintah berikut:

netsh advfirewall firewall add rule name=”YouTubePerformanceHack”dir=in action=block remoteip=173.194.55.0/24,206.111.0.0/16 enable=yes

Fungsi dari perintah tersebut adalah mencegah ISP membatasi koneksi internet ketika streaming. Prosesnya selesai apabila muncul tulisan “OK”.

Itu tadi adalah lima cara mempercepat koneksi internet di PC dengan CMD. Lakukan satu per satu secara berurutan dan lihat bagaimana hasilnya.

Pengaturan Sistem Windows

Pada Sistem Windows terdapat sebuah konfigrasi yang berjalan secara otomatis dan mempengaruhi akses internet. Untuk membuatnya menjadi lebih lancar dan stabil, kamu bisa mengubah konfigurasi secara manual. Berikut tutorial selengkapnya:

Klik menu Start di pojok kiri bawah, ketik service.ms dan enter

Maka muncul beberapa property, seperti Offline Files, Program Compatibility Assistant Service, Diagnostic Policy Service, Performance Log & Alerts, Distributed Link Tracking Client, Windows Error Reporting Services, Secondary Logon, dan Windows Image Acquastion (WIA).

Klik dua kali untuk menonaktifkan masing-masing property. Tenang, properti tersebut aman dinonaktifkan.

Simak juga : Cara Memisahkan File PDF (Online, Offline, Komputer, Android)

Aplikasi Mempercepat Koneksi Internet PC

1. Cfosspedd

Dikalangan gamers PC, Cfosspedd adalah software yang sudah familiar untuk membantu mengatasi internet lemot. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2014 ini menghadirkan sebuah fitur bernama Traffic Shaping. Fungsi utamanya untuk meminimalkan Ping ketika bermain game dan memastikan kamu berada di kecepatan maksimum.

Berkat kemampuannya yang baik dalam menstabilkan dan mempercepat Windows, membuat Cfosspedd sangat diminati oleh pengguna PC.

2. Complete Internet Repair

Sesuai namanya, software ini berfungsi untuk mempercepat koneksi internet di PC dengan cara memperbaiki konfigurasi yang mungkin berubah. Kamu tidak perlu melakukan pengaturan secara manual satu per satu, semua konfigurasi bisa direset ke semula cukup dengan satu kali klik.

Complete Internet Repair juga didukung oleh fitur-fitur lain yang komplit dan canggih. Kamu wajib mencobanya deh.

3. Full Speed

Pilihan aplikasi mempercepat koneksi internet di PC yang terakhir adalah Full Speed. Dari namanya sudah jelas, software ini akan membantu kamu mengoptimalkan kecepatan internet sebaik mungkin. Sama seperti Complate Internet Repair, software Full Speed berfungsi untuk mengonfigurasi ulang seluruh pengaturan internet.

Versi terbaru dari Full Speed sudah tersedia dengan fitur-fitur tambahan yang lebih canggih. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baiklah sobat, mungkin cukup sekian dahulu pembahasan ringkas mengenai cara mempercepat koneksi internet di PC dan laptop. Semoga WiFi di perangkat kamu menjadi lebih cepat dari sebelumnya dan anti lemot. Pekerjaan lancar dan tentu semakin produktif.

Joy Lynx
Tentang Joy Lynx
Seorang anak muda yang memiliki hobi menulis seputar android, khususnya apk.