Cara Menghapus Windows Old di Windows 7/8.1/10

Setelah mengupgrade Windows ke versi terbaru, ternyata Windows versi sebelumnya tidak lantas terhapus, tetapi masih tersimpan di sebuah folder. Hal itu agar Anda masih bisa downgrade Windows jika terjadi kendala di Windows versi terbaru. Lalu, adakah cara menghapus Windows Old tersebut?

Jawabannya bisa. Namun, sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu apakah memang benar-benar ingin menghapus file tersebut. Jika saat ini Anda sudah nyaman menggunakan Windows terbaru, maka hal itu bisa dilakukan. Jika belum, sebaiknya jangan dulu dilakukan.

Cara Menghapus Windows Old di Windows 7/8.1/10

Apa Itu Windows Old?

Sebelum Anda menghapus Windows Old, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu Windows Old. Tentu Anda tidak ingin sesuatu dilakukan tanpa sebab dan tujuan yang jelas. Jadi, Windows Old adalah sebuah folder yang di dalamnya terdapat berbagai file dari Windows lama.

Sebagai contoh, jika Anda telah mengupgrade Windows dari Windows 8.1 ke Windows 10, maka file Windows 8.1 akan tersimpan sebagai Windows Old di Windows versi terbaru (Windows 10). File tersebut biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, bisa sampai puluhan GB.

Jika ruang penyimpanan yang Anda miliki terbatas, tentu kapasitas Windows Old tersebut cukup besar dan lebih baik dihapus saja. Akan tetapi, jika Anda merasa bahwa Windows versi terbaru tidak nyaman untuk Anda dan ingin kembali ke versi sebelumnya, maka jangan hapus folder Windows Old.

Cara Menghapus Windows Old

Anggaplah Anda sudah merasa nyaman dengan Windows versi terbaru dan tidak berpikir untuk downgrade ke versi lama, maka silakan Anda hapus folder Windows Old tersebut. Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Storage Sense

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghapus Windows Old adalah dengan storage sense. Cara ini bisa dilakukan setelah adanya Fall Creators Update di Windows 10. Salah satunya adalah adanya Storage Sense tersebut. Untuk melakukannya, silakan ikuti petunjuk berikut:

  • Pertama silakan masuk ke menu settings dengan menekan Menu > Settings. Jika sudah masuk ke halaman Windows Settings, silakan klik System.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke menu Semua pilihan menunya ada di sebelah kiri, silakan klik pada Storage.
  • Jika sudah, pilih Storage Sense yang ada di bawah, lalu klik pada tulisan Free up space now.
  • Tunggu beberapa saat karena system akan melakukan proses scanning pada storage yang bersangkutan.
  • Selanjutnya, berbagai file yang bisa dihapus akan muncul, termasuk Windows Old.
  • Silakan beri tanda centang pada file-file yang ingin Anda hapus. Jangan lupa untuk memberi centang pada Windows Old karena file itulah yang ingin Anda hapus kali ini.
  • Jika sudah, silakan klik Removes Files.
  • Kini folder Windows Old sudah berhasil dihapus dan telah hilang dari system.

Baca juga : Cara Membuka Device Manager

2. Menggunakan File Explorer

Cara untuk menghapus Windows Old berikutnya bisa dilakukan secara manual menggunakan File Explorer. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah untuk mengerjakannya:

  • Pertama, buka program Disk Cleanup melalui kolom pencarian sistem. Caranya, klik Start > Tulis kan Disk Cleanup pada kolom pencarian dan klik Enter.
  • Anda juga bisa mengaksesnya melalui File Explorer, lalu pilih drive tempat Windows terinstall (biasanya Disk C), kemudian klik kanan pada drive tersebut dan pilih Properties.
  • Jika tampilan properties sudah muncul, silakan klik Disk Cleanup.
  • Selanjutnya, tampilan jendela Disk Cleanup akan muncul. Di sini, Anda bisa menemukan semua file yang bisa dihapus kecuali Windows Old. Anda harus mencarinya lebih jauh lagi dengan menekan tombol Clean up system files.
  • Silakan tunggu beberapa saat karena sistem sedang mencari file yang bisa dihapus.
  • Jika sudah, file Windows Old beserta file-file kecil lainnya akan muncul dan bisa Anda hapus. Biasanya file Windows Old tersebut berukuran 9 GB hingga 25 GB atau lebih. Di sini Anda bisa melihat file Windows Old dengan nama Previous Windows Installation.
  • Pilih semua file yang ingin dihapus, kemudian klik OK.
  • Sekarang ruang penyimpanan Anda akan lebih lega setelah file Windows Old berhasil dihapus.

3. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Selain menggunakan cara di atas, menghapus file Windows Old juga bisa dilakukan dengan Command Prompt. Anda bisa memasukkan perintah tertentu hingga dapat menghapus file Windows Old dari sistem. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Silakan buka program Command Prompt di PC Anda. Silakan klik secara bersamaan tombol Windows + R, kemudian isi kolom pencarian dengan cmd, lalu klik Enter.
  • Setelah itu, program Command Prompt akan terbuka di layar komputer Anda.
  • Masukkan perintah berikut “takeown /F C:Windows.old* /R /A”, lalu tekan Enter untuk menjalankannya.
  • Sampai tahap ini Anda sudah bisa mengakses Windows Old yang ada di sistem. Setelah itu, masukkan perintah berikut “cacls C:Windows.old*.* /T /grant administrators:F”, kemudian tekan Enter.
  • Jika Anda melihat tulisan konfirmasi, silakan jawab dengan mengetik “Y”, lalu tekan Enter.
  • Setelah itu, masukkan perintah berikutnya “rmdir /S /Q C:Windows.old”, lalu tekan Enter.
  • Selanjutnya, silakan tunggu hingga proses penghapusan file Windows Old yang sedang dilakukan.
  • Jika sudah, silakan restart PC Anda seperti biasanya.

Cara menghapus Windows Old dengan CMD, bisa Anda lakukan jika kedua cara di atas tidak bisa Anda lakukan atau terdapat kendala yang menyebabkan cara tersebut tidak berjalan. Menggunakan CMD terkesan lebih rumit, karena harus memasukkan perintah yang tidak begitu dimengerti.

Simak juga : Cara Membuka File RAR

Tips Membersihkan Storage

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa file Windows Old sebenarnya bisa saja tidak dihapus jika Anda merasa lebih nyaman saat menggunakan Windows versi lama. Untuk bisa menjaga file Windows Old tetapi ruang penyimpanannya tetap lega, maka Anda bisa mengikuti tips berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Disk Cleanup

Aplikasi Disk Cleanup sangat efektif untuk membersihkan file sampah yang ada di komputer. Anda bisa memilah-milah file sampah yang berukuran kecil, hingga yang berukuran besar. Dengan begitu, storage akan terlihat lebih lega tanpa harus menghapus Windows Old.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga : CCleaner

Aplikasi disk management yang sering digunakan oleh banyak pengguna komputer adalah CCleaner. Aplikasi ini bisa membersihkan file cache dan cookies di browser, membersihkan file registry, dll. Dengan begitu, komputer akan semakin lega dan performa bisa berangsur membaik.

3. Bersihkan Sisa-Sisa Aplikasi yang Sudah Di-uninstall

Aplikasi yang sudah di-uninstall terkadang masih menyisakan file yang berserakan di beberapa folder. Jika Anda sudah merasa menguninstall-nya, silakan hapus saja folder-folder tersebut agar ruang penyimpanan semakin lega dan proses scanning pada drive semakin cepat.

Sebenarnya menghapus Windows Old bukanlah keharusan. Akan tetapi, jika storage di komputer Anda tidak terlalu besar dan Anda juga sudah merasa nyaman dengan versi Windows terbaru, maka opsi tersebut bisa dilakukan. Untuk itu, cara menghapus Windows Old di atas bisa Anda coba.

Tinggalkan komentar