Daftar Emulator Android Paling Ringan

Apakah anda ingin bermain game android di pc tetapi spesifikasi komputer anda tidak memadai? Silahkan baca daftar emulator android paling ringan sehingga anda bisa menggunakannya!

Emulator android dibutuhkan untuk bermain game ponsel di PC atau laptop. Saat ini pilihannya semakin banyak dan rata-rata membutuhkan spesifikasi yang mumpuni. Fitur terbaru terus dihadirkan demi mengoptimalkan pengalaman bermain game pengguna. Kendati demikian, pemilik PC spek rendah tidak perlu khawatir. Karena masih ada beberapa emulator android paling ringan dan cepat.

Tanpa perlu upgrade PC yang lebih mahal, kamu tetap bisa memainkan game android kesayangan tanpa kendala. Bermain game semakin seru, karena ukuran layarnya lebih lebar dibandingkan layar ponsel.

Bagaimana, sudah penasaran dengan rekomendasi emulator android paling ringan dan cepat? Simak uraian dibawah sampai habis.

Daftar Emulator Android Paling Ringan

Droid4X – Emulator Android Paling Ringan

Droid4X adalah pilihan yang bagus untuk dipasang di PC spek rendah, karena minimum spesifikasi agar bisa menjalankannya dengan lancar adalah RAM 2GB. Untuk memasang Droid4X kamu membutuhkan free disk space sebesar 2GB. Tidak hanya ringan dan cepat, kelebihan lain dari emulator android ini adalah sudah mendukung touch screen. Bagaimana, kedengarannya menarik bukan?

Jika ingin menjadi YouTuber bermodalkan PC kentang, bisa lho menggunakan Droid4X. Karena didalamnya tersedia fitur merekam layar emulator. Agar pengalaman bermain game semakin seru dan menyenangkan, pengguna bisa mengkonfigurasikan dengan gamepad atau keyboard.

OS yang mendukung emulator Droid4X antara lain Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista/XP.

Windroye

Tidak perlu bingung mencari emulator android paling ringan, karena ada Windroye. Untuk pemilik PC spek rendah wajib banget menginstall software satu ini. Dari segi user interface, mirip seperti emulator Leapdroid. Silahkan ubah bahasanya, karena settingan default berbahasa China.

Menurut pengalaman banyak pengguna Windroye, emulator android ini mampu menjalankan berbagai macam game dengan lancar dan tanpa kendala.

Jika PC kamu masih terasa berat saat menjalankannya, silahkan custom resource di menu pengaturan Windroye sampai yang paling sesuai.

Sehingga, performa bermain game menjadi lebih lancar dan cepat. Karena tidak membutuhkan memori besar, kamu bisa menginstall banyak aplikasi dan game tentunya. Silahkan download Windroye versi terbaru untuk menikmati fitur-fitur terbaik dan performa yang sudah dioptimalkan.

Baca juga : Cara Memperkecil Ukuran Video di Android

LeapDroid

Ini dia rekomendasi emulator android paling ringan 2020 yang dijamin bersahabat dengan PC kentang kamu. Sebab, untuk menginstall LeapDroid hanya membutuhkan free disk space sebesar 250MB dan minimal RAM 2GB. Jadi, sekarang tidak perlu bingung lagi ketika ingin bermain game ponsel di notebook atau laptop kamu yang speknya biasa.

Saat ini sudah tersedia LeapDroid versi terbaru 11.0.0 yang memberikan kemudahan dalam pengaturan kontrol. Baik menggunakan mouse atau keyboard. Spek minimum yang diperlukan antara lain OS di atas Windows 7 , GPU GL2.1, dan Intel CPU atau Dual-core AMD.

MEmu Play Emulator Android

Jika dibanding emulator android paling ringan lainnya, MEmu Play membawa fitur lebih canggih. Disini pengguna bisa mengkustomisasi pengaturan tingkat lanjut untuk pengalaman bermain game yang lebih cepat dan anti-lag.

Sejak 2015 silam, developer selalu rajin mengupdate MEmu Play demi memaksimalkan performanya. Versi terbaru dari MEmu Play adalah versi 7.1.6 yang dirilis pada 23 Maret 2020 kemarin. Ukurannya sebesar 341 MB.

Spek PC yang diperlukan agar lancar menjalankan MEmu Play:

  • RAM minimal 2GB
  • Ruang penyimpanan 2GB
  • AMD atau Intel CPU (x86/x86_64 Processor)
  • Win10, Win8.1, Win8, Win7, WinXP SP3
  • Graphic with OpenGL 2.0/Windows DirectX 11

BlueStacks

Meskipun hanya memiliki laptop RAM 2GB, bukan berarti kamu tidak bisa bermain game ponsel dengan lancar. Pasalnya, sekarang sudah ada BlueStacks yang didesain khusus sebagai emulator android paling ringan RAM 2GB. Ini akan membantu kamu mendapatkan pengalaman gaming yang memuaskan.

Tidak perlu ragu menginstall BlueStacks, karena kehebatan emulator android ini sudah dibuktikan oleh banyak pengguna PC dan laptop spek rendah. Bisa diinstall di perangkat Mac dan Windows secara gratis, dengan performa yang stabil.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh BlueStacks adalah multi instance. Fitur tersebut memungkinkan pengguna bermain beberapa game sekaligus atau bermain beberapa akun berbeda di satu game secara bersamaan.

Spesifikasi minimum untuk menginstall BlueStacks:

  • RAM 2GB
  • OS Windows 7 ke atas
  • Prosesor AMD atau Intel
  • Ruang penyimpanan 5GB

KOPlayer

Bermain game hp android di PC spek rendah semakin menyenangkan ketika kamu menggunakan emulator KOPlayer. Performanya terasa ringan dan jarang sekali ada hambatan yang muncul. Kamu dijamin suka deh menggunakan KOPlayer.

Bagi pengguna yang masih awam, KOPlayer tidak akan membuat bingung. Karena user-interfacenya dibuat sederhana dan simpel. Kamu bisa merekam layar ketika bermain game dan membagikannya kepada teman-teman.

Spesifikasi PC yang diperlukan:

  • OS di atas Windows 7
  • RAM 2GB
  • GPU with OpenGL 2.1
  • Ruang penyimpanan 10GB
  • Prosesor dual core Intel atau AMD
  • Minimal beresolusi 1024 x 768

Simak juga : Cara Menggabungkan File PDF di Android

Amidu OS

American Megatrends sebagai perusahaan teknologi ternama di Amerika juga turut menghadirkan emulator android paling ringan untuk pengguna PC spek rendah, bernama Amidu OS. Jangan khawatir performanya nge-lag, karena Amidu OS sangatlah ringan dan responsif.

Namun sayang, Amidu OS tidak menyediakan Play Store dan masih menggunakan OS lolipop. Sebagai alternatif, kamu bisa mengunduh aplikasi di 9apps dan Amazon app store.

Nox

Kurang lengkap rasanya apabila membahas emulator android paling ringan jika melewatkan Noox Player. Dikalangan gamer android, Noox menjadi emulator terbaik untuk bermain game kesayanga di laptop atau PC spek rendah tanpa hambatan dan tetap lancar.

Kamu bisa mengubah beberapa pengaturan sesuai spek PC, seperti FPS, CPU dan penggunaan RAM. Sehingga performa dari Noox Player lebih lancar.

Demikianlah beberapa rekomendasi emulator android paling ringan dan terbarik 2020, semoga bisa menjadi informasi bermanfaat buat kalian semua.


Joy Lynx
Tentang Joy Lynx
Seorang anak muda yang memiliki hobi menulis seputar android, khususnya apk.
Lihat semua artikel

Leave a Comment