Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Terus Menerus

Apakah Flashdisk Anda meminta format terus menerus? Mungkin Anda harus melakukan berbagai cara mengatasi flashdisk minta format beserta mengetahui penyebabnya.

Kita semua pasti mengetahui flashdisk ya. Yang merupakan salah satu media untuk menyimpan file yang paling banyak digunakan karena bisa memuat banyak file dan ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

flashdisk ini sangat perlu dimiliki terutama untuk siswa sekolah, mahasiswa atau bahkan pekerja kantoran yang biasanya membutuhkan media penyimpanan untuk berbagai file tugas ataupun pekerjaan.

Meskipun hadirnya hard disk dan juga SSD External semakin diminati, tetap saja flashdisk tetap menjadi “nomor satu”.

Karena flashdisk cukup sering digunakan dan dicolok ke PC atau laptop mana saja, sehingga membuat flashdisk ini sangat rentan error.

Nah, flashdisk yang error bukanlah masalah sepele, karena bisa membawa virus sehingga dapat merusak data-data yang tersimpan di flashdisk tersebut.

Saat flashdisk yang terkena virus tadi di colok ke PC atau laptop akan muncul notifikasi flashdisk minta diformat yang pasti akan membuat Anda panik apalagi jika di dalamnya ada berbagai data-data penting.

5 Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

5 Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi flashdisk minta format. Mari kita simak cara-caranya.

Colok ke Port Lain

Virus yang ada di USB mampu dideteksi oleh driver PC atau laptop. Seperti yang diketahui, driver merupakan sekumpulan file yang memang dapat diinstall agar nantinya sistem operasi bisa mengenali dan tentunya berinteraksi dengan perangkat kerja yang ada seperti modem, card reader, USB flashdisk dan printer.

Jadi di saat munculnya notifikasi flashdisk minta di format, bisa saja bukan karena virus tetapi karena adanya kesalahan pada instalasi driver.

Maka dari itu cobalah untuk mencolokkan flashdisk ke port yang lain. Jika di port lain tidak ada notifikasi flashdisk minta di format, maka flashdisk baik-baik saja.

Namun jika masih minta di format, maka Anda bisa melakukan cara-cara selanjutnya.

Colokkan ke PC yang Lainnya

Cara sederhana untuk mengatasi flashdisk minta format yaitu mencolok flash drive kedalam pc.

PC atau laptop yang berbeda pastinya memiliki kondisi yang berbeda pula. Sama halnya seperti dua PC atau laptop yang memiliki sistem operasi serupa namun kemampuan dan kecepatannya berbeda.

Hal tersebut terjadi karena seberapa seringnya perawatan Windows Registry dilakukan, jenis aplikasi dan aplikasi apa yang terinstall.

Jadi bisa saja kan PC atau laptop lain mendeteksi bahwa flashdisk yang Anda miliki normal-normal saja.

Jika di PC lain ternyata flashdisk Anda aman, cobalah untuk segera backup berbagai file penting.

Cara Mempercepat Booting Windows 10

Restart PC atau Laptop

Error pada PC atau laptop bisa saja terjadi karena sudah lama tidak dimatikan, sehingga PC atau laptop pun sulit untuk mengenali dengan baik flashdisk Anda.

Kinerja PC pun akan terhambat karena ada beberapa file sementara akibat dari penggunaan PC selama seharian penuh sehingga kinerjanya pun terhambat.

Maka dari itu Anda bisa restart PC sehingga filefile sementara tadi bisa hilang dari PC dan RAM, dan masalah flashdisk yang minta di format tadi bisa diatasi.

Repair Lewat CMD

Untuk seseorang yang memang belum terbiasa menggunakan Command Prompt maka cara ini memang sedikit agak sulit.

Chkdsk pun dapat Anda gunakan untuk mengecek integritas yang ada di file sistem flashdisk dan juga memperbaiki beberapa kerusakan yang terjadi.

Hal ini juga sangat ampuh untuk mengatasi flashdisk minta format terus menerus, berikut langkahnya.

  • Bukalah Command Prompt dengan cara mengetik “cmd” di pencarian Windows.
  • Pilih menu Run as administrator dan ketik “chkdsk d:/f” di Command Prompt tersebut.
  • Setelah itu, gantilah huruf “d” dengan flashdisk Anda yang bermasalah, dan tekan enter.
  • Tunggu hingga proses selesai, dan Anda bisa mengecek apakah flashdisk sudah normal kembali atau belum.

Lakukan Low Level Format

Dan cara terakhir di list ini yang bisa Anda lakukan adalah low level format dan bahkan cara ini terbilang cukup efektif jika dibandingkan dengan cara-cara yang sebelumnya. Caranya yaitu:

  • Colok flashdisk dan buka Run (Windows + R)
  • Ketik “MSC” dan OK.
  • Pilih bagian storage, klik kanan flashdisk dan Anda dapat memilih format.
  • Setelah itu, Anda dapat mengikuti petunjuk hingga proses low level format selesai.

Penyebab Flashdisk Minta Format

Setelah mengetahui cara mengatasi flashdisk minta format, maka disini kita akan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab flashdisk minta diformat.

Apa saja ya penyebabnya? Mari simak di bawah ini.

Proses Pengolahan File yang Terganggu

Proses pengolahan file seperti disalin, dipindahkan atau disimpan mengalami gangguan karena bisa membuat file korup dan tentu menjadikan data hilang.

Bahkan di beberapa kasus tertentu saat flashdisk sedang mentransfer data namun PC tiba-tiba mati sehingga file system akan berubah menjadi RAW.

Tidak hanya itu, hal yang sama juga tentunya akan terjadi pada flashdisk yang dicabut secara mendadak.

Jika kondisi ini terjadi maka ukuran data menjadi 0 byte dan semua data yang ada di flashdisk tidak dapat diakses, sehingga akhirnya Anda pun diminta untuk memformat flashdisk.

File System yang Tidak Dikenal

Penyebab lainnya yaitu karena flashdisk Anda mempunyai format system yang memang tidak bisa dikenali PC atau laptop.

Umumnya Microsoft Windows hanya mendukung 3 format yaitu exFAT (versi FAT32 yang lebih unggul), FAT32 (File Allocation Table 32), dan NTFS (New Technology File System).

Kerusakan Hardware

Kerusakan pada hardware juga bisa menjadi penyebab flashdisk minta diformat.

Jika ini terjadi maka cukup sulit untuk bisa mengatasinya karena komponen hardware yang ada di flashdisk harus segera diperbaiki.

Jika Anda mengalaminya, sebaiknya membeli flashdisk baru, karena untuk memperbaiki hardware lumayan merepotkan.

Baca : Cara Download The Sims 4 di PC

Virus

Dan yang terakhir adalah virus. Virus dapat memberikan masalah pada hardware termasuk flashdisk ini.

Virus biasanya ada di file yang Anda download dari internet, terinfeksi flashdisk lain yang terkena virus, menginstall aplikasi dari sumber yang mencurigakan dan juga file attachment yang di download mengandung virus.

Jika ada data-data yang sangat penting di flashdisk yang minta diformat, jangan langsung panik karena Anda bisa mencoba cara-cara di atas terlebih dahulu. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan komentar